Sejarah
Perkembangan
Carrera GT dapat ditelusuri kembali ke mobil balap
911 GT1 dan LMP1-98. Karena perubahan
sebagian aturan FIA dan ACO
pada tahun 1998, kedua desain itu telah berakhir. Porsche pada saat itu telah
merencanakan prototipe Le Mans yang
baru untuk tahun 1999. Mobil itu awalnya dimaksudkan untuk menggunakan mesin flat-6 yang
dilengkapi turbocharger, namun kemudian didesain ulang
untuk menggunakan mesin V10 yang baru,
mendorong proyek kembali ke penyelesaian yang direncanakan pada tahun 2000.
Mesin V10 ini adalah unit yang dibuat secara rahasia oleh Porsche untuk tim Formula Satu
Footwork
pada tahun 1992, tapi kemudian ditangguhkan. Mesin ini kemudian direncanakan
untuk prototipe Le Mans dan ukurannya meningkat menjadi 5,7 liter. Proyek ini
dibatalkan setelah dua hari pengujian untuk mobil pertama, pada pertengahan
1999, karena sebagian besar Porsche ingin membangun SUV Cayenne
dengan keterlibatan dari Volkswagen dan Audi, sehingga membutuhkan keahlian rekayasa yang harus
ditarik dari divisi balap mobil. Ini juga berspekulasi bahwa Ketua
Volkswagen-Audi, Ferdinand Piëch ingin
mobil prototipe Le Mans dari Audi, R8 tidak ingin menghadapi
persaingan dari Porsche pada tahun 2004.
Porsche
ingin proyek ini tetap hidup dengan menggunakan mesin 5,5 liter V10 dari versi
prototipe-nya dalam sebuah mobil konsep yang ditampilkan di Paris Motor Show
tahun 2000, terutama dalam upaya untuk menarik perhatian pada stan mereka.
Minat yang mengejutkan di kendaraan ini dan masuknya pendapatan yang diperoleh
dari Cayenne, membantu Porsche memutuskan untuk memproduksi mobil ini, dan
pengembangan mulai pada versi jalanan yang akan diproduksi dalam jumlah kecil
di fasilitas manufaktur baru Porsche di Leipzig.
Porsche mulai menjalankan produksi Carrera GT pada tahun 2004, dengan harga
sebesar 448.000 dolar Amerika Serikat. Carrera GT pertama
mulai dijual di Amerika Serikat pada tanggal 31 Januari 2004.
Awalnya,
Porsche merencanakan produksi sebanyak 1.500 mobil. Namun, Porsche mengumumkan
pada Agustus 2005 bahwa mobil ini tidak akan melanjutkan produksi Carrera GT
hingga 2006, mengutip penghentian disebabkan perubahan peraturan kantung udara
di AS. Sampai 6 Mei 2006, 1.270 unit telah dijual, termasuk 604 unit yang telah
dijual di AS.
Desain
Mesin 5,7
liter milik Carrera GT yang berkonfigurasi V10
Tampak depan
Carrera GT
didukung oleh mesin 5,7 liter yang berkonfigurasi V10 yang memproduksi
612 PS (450 kW; 604 hp),[5]
sedangkan mobil konsep aslinya yang memiliki mesin 5,5 liter memiliki
558 PS (410 kW; 550 hp). Porsche mengklaim mobil ini dapat
berakselerasi dari 0 sampai 62 mpj (100 km/j) dalam 3,9 detik
dan memiliki kecepatan maksimum 205 mpj (330 km/j),[3]
meskipun tes jalan mengindikasikan bahwa nyatanya mobil ini dapat berakselerasi
dari 0-62 mpj (100 km/j) dalam 3,5 detik[5]
dan 0-100 mpj (160 km/j) dalam 6,8[5]
detik. Carrera GT memiliki 5 pilihan warna, diantaranya Guards Red (merah),
Fayence Yellow (kuning), Basalt Black (hitam), GT Silver Metallic (keperakan)
and Seal Grey (abu-abu). Warna pilihan kemudian tersedia dari pabrik. Sebuah
transmisi tradisional manual 6-kecepatan adalah satu-satunya transmisi yang
tersedia. Girboks ini melekat pada gigi tombol beechwood yang terinspirasi dari
kenop gigi yang digunakan dalam pembalap Le Mans Porsche 917. Pada tahun
kedua produksinya, kenop serat karbon juga
tersedia.
Carrera GT
memiliki sisi inlet besar dan bendungan udara yang membantu mendinginkan mesin
V10 yang besar dan dibingkai oleh kap serat karbon belakang. Dilengkapi dengan
serat karbon terbaru Porsche diperkuat silikon karbida (C / SiC) sistem rem
keramik komposit, rem cakram SGL Carbon berukuran 15-inci (380 mm) membuat
penampilan mengesankan di bawah roda depan berdiameter 19-inci (480 mm)
dan roda belakang berukuran 20-inci (510 mm). Seperti model Porsche yang
lain, salah satunya 911, Carrera GT memiliki spoiler sayap belakang
yang otomatis naik di kecepatan lebih dari 70 mph (110 km/j).
Interior-nya
dilengkapi dengan lapisan kulit yang lembut. Sistem audio Bose dan sistem navigasi
(dipesan lebih dahulu) adalah perlengkapan standar. Dalam mode khas Porsche,
sistem kunci kontak terletak di sebelah kiri setir. Penempatan ini terinspirasi
dari hari-hari awal balap Le Mans ketika pembalap yang diperlukan untuk membuat
mobil berjalan, melompat ke mobil mereka, menyalakan mobilnya dan mulai
balapan. Penempatan kunci kontak memungkinkan pengemudi untuk menyalakan mobil
di tangan kiri dan meletakkannya gigi di tangan kanan.
Spesifikasi teknis
- Mesin
- Tata letak drivetrain: Mesin tengah-belakang, penggerak roda belakang
- Tipe mesin: 68° V10, aluminium block and heads
- Katup gigi: DOHC, 4 valves per cylinder (40 valves total), variable valve timing on intake camshafts, sodium-cooled exhaust valves
- Diameter x langkah: 386 in (9,804.40 mm) x 299 in (7,594.60 mm), Nikasil coated bores, forged titanium connecting rods, forged pistons
- Kapasitas: 349,8 cu in (5.7 L)
- Rasio kompresi: 12.0:1
- Daya maksimum: 612 PS (450 kW; 604 hp) @ 8.000 rpm
- Torsi maksimum: 435 lb·ft (590 N·m
) @ 5.750
rpm
·
- Daya spesifik, hp/liter: 105,5
- Berat ke tenaga, lb/hp: 5,4
- Transmisi: Manual 6-kecepatan, two plate ceramic dry clutch (PCCC-Porsche Ceramic Composite Clutch)
- Redline: 8.400 rpm
- Dimensi
- Kapasitas muatan: 2,7 cu ft (76 L)
- Jarak terendah ke tanah: 3,4 in (86 mm)
Performa
- Koefisien tarik: 0.39
- 0-60 mpj (97 km/j) : 3,6 detik
- 0-100 mpj (160 km/j) : 6,9 detik
- 1/4 mil: 11.1 detik @ 133,4 mpj (214.7 km/j)
- Kecepatab maksimum: 205 mpj (330 km/j)
- Pemberhentian 100 mpj (160 km/j) ke 0: 277 kaki (84 m)
- Pemberhentian 60 mpj (97 km/j) ke 0: 101 kaki (31 m)
- 200 kaki (61 m) skidpad, ave g: 0.99
Teknologi
Rem cakram
karbon-keramik (silikon karbida) milik Carrera GT
Teknologi
terkemuka seperti serat karbon monokok murni dan subframe, pelumasan bah kering
dan penyetelan suspensi. Serat karbon monokok dan subframe diproduksi dan
dirakit oleh ATR Composites Group dari Italia. Spoiler
dari Carrera GT naik ke udara ketika mobil mencapai di atas 70 mpj
(110 km/j) dan keluar seimbang dari aliran udara, yang menyebabkan drag
berkurang. Ukuran radiator Carrera GT lima kali lebih besar daripada ukuran
radiator 911 Turbo. Suspensi depan dan belakang terdiri dari peredam kejut
pushrod dan peredam anti-roll bar di depan dan belakang .
Galeri
Tampak depan
Tampak belakang
Tampak atas
Interior
Porsche Carrera GT
Komentar
Posting Komentar