Langsung ke konten utama

Berapa kali ban motormu berputar saat kamu berkendara?

Kembali berjumpa lagii setelah hampir 3 tahun baru menulis lagii.

Roda. Tentu kita sudah tidak asing dengan salah satu penemuan manusia paling brilian sepanjang masa ini. Roda merupakan implementasi pikiran manusia, dari yang awalnya lingkaran dan berada di pikiran saja, menjadi sesuatu yang berguna dan memudahkan dalam kegiatan sehari - hari manusia. Silahkan dibayangkan, bagaimana jika kita tidak memiliki ban? Bagaimana cara kita agar berangkat bekerja? Bagaimana kuli bangunan mengangkut berkilo - kilo semen ke lokasi pembangunan? Atau bagaimana setiap peralatan yang kita pakai jika tidak menggunakan roda? 

Ilustrasi : Ban mobil sedang dilonggarkan bautnya

Setelah melakukan riset sederhana, saya menemukan dari interestingengineering.com, roda mulai ditemukan sekitar 4500 - 3300 SM. Sekitar 6000 tahun yang lalu (saya tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan orang - orang setelah akhirnya roda ini ditemukan). Roda ini lebih sering digunakan untuk memudahkan dalam memindahkan barang - barang yang berat terutama jika harus menempuh jarak yang jauh.

Jadi sampai sini pengantarnya, pernahkah kalian terpikirkan berapa kali roda motormu berputar saat berangkat bekerja/ke sekolah?

Kita sudah sama - sama tau kalau rumus untuk keliling lingkaran adalah :

k = 2.π.r atau π.d
dengan nilai bisa memakai π = 22/7 atau 3,14 (saya sih prefer ini) 

Ilustrasi bagaimana asal muasal dari phi


semenjak roda berbentuk lingkaran, maka kita bisa mengaplikasikan rumus ini kepada roda.
Saya mengambil contoh ukuran ban belakang Honda Vario 125cc yaitu sekitar 25cm. (jari - jari ban motor diukur dari as/ tengah roda menuju tepi karet dari ban yang menyentuh jalan ya)

k = 3,14 x 2 x 25
= 3,14 x 50
157 cm atau 1,57 m

Jadi, 1 kali rotasi penuh ban motor saya menempuh jarak 1,57 meter.

Jarak dari kos ke kampus saya adalah sekitar 2,3 km atau 2300 meter. maka untuk perjalanan sekali berangkat ban motor saya berputar sebanyak :
2300 : 1,57
1464,96 kali, atau 1465 kali.

Yup itu untuk jarak 2 km, ban motor saya sudah berputar sebanyak hampir 1500 kali.
Sebenarnya saya juga penasaran dengan jumlah kilometer motor saya yaitu sudah 54923,4 km.

54.923.400 m : 1,57 m
34.983.057,3248 kali. Semasa hidupnya ban motor saya sudah berputar hampir 35 juta kali. Waw angka yang tidak kecil.

Sekian info kali ini, sebenarnya ini hanya untuk menjawab penasaran saya aja sih. Sungguh info yang bermanfaat sekali ya.
Terima kasih


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Rumus Volume Bola = 4/3 π. r3 ?

Sama seperti postingan saya sebelumnya, saya kali ini akan membahas tentang   Bola . Bola merupakan sebuah bangun ruang yang terbentuk dari setengah lingkaran yang diputar 360 derajat berdasarkan titik pusatnya. Bola tidak memiliki rusuk dan titik sudut. Bola memiliki 1 buah sisi.   Apakah Bola mempunyai Jaring - Jaring ?    Bola Bola ini merupakan bangun ruang yang berbeda dari Kerucut maupun tabung.   Bola memiliki sisi lengkung YANG MELENGKUNG KESEGALA ARAH . Berbeda dengan Kerucut yang arah lengkungnya hanya menuju titik sudut Kerucut. Apakah Bola memiliki jaring - jaring ?   

Tips dan Trik bermain Condition Zero

Conditon Zero ... Ya. Game perang offline ini tentu kita sudah kenal semua. Terutama karena offline-nya sehingga tidak memerlukan biaya jika kita hendak memainkannya.. (kecuali memakai LAN untuk battle bersama teman). Kali ini saya akan membagikan Tips Dan Trik Bermain Condition Zero di Komputer . Penasaran ? Langsung saja ini dia.. Condition Zero, just like Old Times

Logo - Logo Umum yang Sering Dipakai

Halo semua.. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan beberapa gambar logo yang sering kita pakai dalam kehidupan sehari - hari.. Silahkan didownload ya..^^ Gambar Logo ABRI Gambar Logo ANTANG